Tuesday, April 14, 2020

7 Sunah-sunah Puasa dan Dalilnya

Sunah-sunah Puasa Beserta Dalilnya

Sahabat syariatkita, puasa merupakan ibadah yang sangat istimewa antara seorang hamba dengan Tuhannya. Saking begitu istimewanya, Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam hadis qudsi sebagai berikut:

ุงَู„ุตَّูˆْู…ُ ู„ِูŠْ, ูˆَุงَู†َุง ุฃَุฌْุฒِูŠْ ุจِู‡ِ

“Puasa itu hanya untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan balasannya”

Berdasarkan keistimewaan tersebut, tentunya banyak kaum muslimin yang tidak ingin menyia-nyiakan momentum ibadah puasa ini. Mereka dalam menjalankan ibadah puasa tidak hanya mengerjakan yang wajib saja, tetapi guna memperoleh pahala lebih disisi Allah Subhanahu Wata’ala merekapun mengamalkan amalan-amalan sunah puasa sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

7 Amalan Sunah-sunah Puasa Beserta Dalilnya


==> Baca Juga: 

Adapun amalan-amalan sunah selama menjalankan ibadah puasa adalah:

1. Makan sahur, meskipun hanya sedikit. Disebutkan dalam hadis:

ุนَู†ْ ุงَู†َุณِ ุจْู†ِ ู…َุงู„ِูƒٍ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ: ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…:  ุชَุณَุญَّุฑُูˆْุง ูَุงِู†َّ ูِู‰ ุงู„ุณَّุญُูˆْุฑِ ุจَุฑَูƒَุฉً. (ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡)

"Dari Anas bin Malik ra., ia berkata, Rasulullah saw. pernah bersabda, 'Makanlah sahur kalian, karena di dalam sahur itu terdapat keberkaan." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Mengakhirkan makan sahur 

Mengakhirkan makan sahur (ta’khirus sahur) sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah selama belum terbit fajar hingga waktu imsak. Yaitu kira-kira 10 menit sebelum subuh. 

Hal ini di dasarkan pada hadis berikut:

ูˆَุนَู†ْ ุฒَูŠْุฏِ ุจْู†ِ ุซَุงุจِุชٍ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ: ุชَุณَุญَّุฑْู†َุง ู…َุนَ ุฑَุณُูˆْู„ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุซُู…َّ ู‚ُู…ْู†َุง ุงِู„َู‰ ุงู„ุตَّู„َุงุฉِ، ู‚ِูŠْู„َ: ูƒَู…ْ ูƒَุงู†َ ุจَูŠْู†َู‡ُู…َุง؟ ู‚َุงู„َ: ุฎَู…ْุณُูˆْู†َ ุงٰูŠَุฉً. (ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡)

“Dari Zaid bin Tsabit RA, ia berkata, kami bersahur bersama Rasulullah saw. kemudian bangun untuk salat subuh. Ketika ditanya, 'Berapa lama di antara sahur hingga salat subuh?' Jawabnya, 'Sekedar orang membaca 50 ayat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Menyegerakan berbuka puasa

Diantara kesunahan puasa adalah menyegerakan berbuka puasa (ta’jilul ifthar). Kesunahan ini dapat kita lakuklan menakala adzan magrib telah berkumandang. Adapun dalam berbuka puasa, tatacara menjalankan sunah sesuai ajaran Rasulullah adalah dimulai dengan makan makanan yang manis, jikalau tidak maka cukup air putih.

7 Amalan Sunah-sunah Puasa Beserta Dalilnya


Kesunahan menyegerakan berbuka puasa ini didasarkan pada hadis Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berikut:

ุนَู†ْ ุณَู‡ْู„ِ ุจْู†ِ ุณَุนْุฏٍ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ุงَู†َّ ุฑَุณُูˆْู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚َุงู„َ: ู„َุง ูŠَุฒَุงู„ُ ุงู„ู†َّุงุณُ ุจِุฎَูŠْุฑٍ ู…َุง ุนَุฌَّู„ُูˆุง ุงู„ْูِุทْุฑَ. (ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡)

“Dari Sahal bin Sa‘ad ra., bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, 'Orang masih tetap dalam kebaikan selama ia menyegerakan berbuka puasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Di dalam hadis lain juga disebutkan:

ูˆَู„ِู„ุชِّุฑْู…ِุฐِูŠِّ ู…ِู†ْ ุญَุฏِูŠْุซِ ุงَุจِูŠْ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ุนَู†ِ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚َุงู„َ: ู‚َุงู„َ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَุฒَّ ูˆَุฌَู„َّ: ุงَุญَุจُّ ุนِุจَุงุฏِูŠْ ุงِู„َูŠَّ ุงَุนْุฌَู„ُู‡ُู…ْ ูِุทْุฑًุง.

“Dalam riwayat Turmudzi dari hadis Abu Hurairah ra., dari Nabi saw., beliau bersabda, Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, 'Hamba-Ku yang paling Aku cintai ialah mereka yang menyegerakan berbuka puasa.”

4. Membaca doa ketika berbuka puasa

Adapun doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah sebagai berikut:

ุงَู„ู„ّٰู‡ُู…َّ ู„َูƒَ ุตُู…ْุชُ ูˆَุนَู„ٰู‰ ุฑِุฒْู‚ِูƒَ ุงَูْุทَุฑْุชُ ูˆَุจِูƒَ ุงٰู…َู†ْุชُ.

“Ya Allah, karena Engkaulah hamba berpuasa dan dengan rezeki-Mu hamba berbuka dan kepada-Mulah hamba beriman.”

5. Menjauhi ucapan-ucapan yang mengandung dosa

Adapun perbuatan yang mengandung unsur dosa adalah seperti berkata-kata yang keji, seperti mencela orang lain, berbohong dan lain sebagainya. Jikalau kita puasa akan tetapi mulut tetap jalan mengatakan sesuatu yang mengandung unsur dosa, maka pahala puasa kita nol di sisi Allah Subhanahu Wata’ala.

Hal ini sebagaimana disamdakan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam hadis:

ุนَู†ْ ุงَุจِูŠْ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ: ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู…َู†ْ ู„َู…ْ ูŠَุฏَุนْ ู‚َูˆْู„َ ุงู„ุฒُّูˆْุฑِ ูˆَุงู„ْุนَู…َู„َ ุจِู‡ِ ูˆَุงู„ْุฌَู‡ْู„َ ูَู„َูŠْุณَ ู„ِู„ู‡ِ ุญَุงุฌَุฉٌ ูِูŠْ ุงَู†ْ ูŠَุฏَุนَ ุทَุนَุงู…َู‡ُ ูˆَุดَุฑَุงุจَู‡ُ. (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆุงุจูˆ ุฏุงูˆุฏ)

“Dari Abu Hurairah ra., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, 'Barang siapa tidak meninggalkan perkataan dusta, perbuatan dusta dan perbuatan bodoh, maka Allah tidak butuh akan lapar dan dahaga mereka." (HR. Bukhari dan Abu Dawud)

Yang jadi permasalahan sekarang adalah, teutama di kalangan kawula muda ataupu generasi mellenial. Mereka merasa berat, sudah menjauhkan diri semaksimal mungkin untuk tidak berkata-kata yang mengandung dosa, tapi justru dipancing oleh orang lain, yang memaksa ia untuk mengatakan kata-kata makian, kata-kata kasar dan lain sebagainya. 

Lalu bagaimana kita menyikapinya? Apakah kita diam saja? Dalam hal ini Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengajarkan kita untuk diam saja, dan tidak meladeni lawan bicara kita. Kita diajarkan oleh Rasulullah dengan berkata “aku sedang berpuasa” (inni shooimun). Hal ini sebagaimana hadis:

ุนَู†ْ ุงَุจِูŠْ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ: ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ุงِุฐَุง ูƒَุงู†َ ูŠَูˆْู…ُ ุตَูˆْู…ِ ุงَุญَุฏِูƒُู…ْ ูَู„َุง ูŠَุฑْูُุซْ ูˆَู„َุง ูŠَุตْุฎَุจْ، ูَุงِู†ْ ุณَุงุจَّู‡ُ ุงَุญَุฏٌ ุงَูˆْ ู‚َุงุชَู„َู‡ُ ูَู„ْูŠَู‚ُู„ْ ุงِู†ِّูŠْ ุตَุงุฆِู…ٌ. (ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡)

“Dari Abu Hurairah ra., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, 'Apabila salah seorang dari kamu berpuasa, maka jangan berbicara yang keji dan jangan membuat huru-hara dan kalau ada orang yang memaki atau mengajak berkelahi, maka katakanlah, 'Aku berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Memperbanyak amal kebajikan, bersedekah, dan membaca Al-Qur'an 

Mengenai hal ini disebutkan dalam hadis:

ุนَู†ْ ุฒَูŠْุฏِ ุจْู†ِ ุฎَุงู„ِุฏٍ ุงู„ْุฌُู‡َู†ِูŠِّ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ุนَู†ِ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚َุงู„َ: ู…َู†ْ ูَุทَّุฑَ ุตَุงุฆِู…ًุง ูƒَุงู†َ ู„َู‡ُ ู…ِุซْู„ُ ุงَุฌْุฑِู‡ِ ุบَูŠْุฑَ ุงَู†َّู‡ُ ู„َุง ูŠَู†ْู‚ُุตُ ู…ِู†ْ ุงَุฌْุฑِ ุงู„ุตَّุงุฆِู…ِ ุดَูŠْุกٌ. (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ)

“Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani ra., dari Nabi saw., beliau bersabda, 'Barang siapa yang memberi makanan untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, maka baginya memperoleh pahala sama seperti orang yang berpuasa itu tanpa kurang sedikit pun.”  (HR. Imam At-Tirmidzi)

7. Memperbanyak i‘tikaf di masjid. 

Kesunahan melakukan i’tikaf selama puasa Ramadhan lebih ditekankan, apabila menjelang 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

ุนَู†ْ ุนَุงุฆِุดَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡َุง ู‚َุงู„َุชْ: ูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุงِุฐَุง ุฏَุฎَู„َ ุงู„ْุนَุดْุฑُ ุงَูŠِ ุงู„ْุนَุดْุฑُ ุงู„ْุงَุฎِูŠْุฑَุฉُ ู…ِู†ْ ุฑَู…َุถَุงู†َ ุดَุฏَّ ู…ِุฆْุฒَุฑَู‡ُ، ูˆَุงَุญْูŠَุง ู„َูŠْู„َู‡ُ، ูˆَุงَูŠْู‚َุธَ ุงَู‡ْู„َู‡ُ. (ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡)

“Dari Aisyah ra., ia berkata, 'Adalah Rasulullah saw. apabila masuk sepuluh hari, maksudnya sepuluh hari yang terakhir dari bulan Ramadhan, maka beliau menjauhi istrinya, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.”  (HR. Bukhari dan Muslim)

ุนَู†ْ ุนَุงุฆِุดَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡َุง ุงَู†َّ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…  ูƒَุงู†َ ูŠَุนْุชَูƒِูُ ุงู„ْุนَุดْุฑَ ุงู„ْุงَูˆَุงุฎِุฑَ ู…ِู†ْ ุฑَู…َุถَุงู†َ، ุญَุชّٰู‰ ุชَูˆَูَّุงู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَุฒَّ ูˆَุฌَู„َّ، ุซُู…َّ ุงุนْุชَูƒَูَ ุงَุฒْูˆَุงุฌُู‡ُ ู…ِู†ْ ุจَุนْุฏِู‡ِ.  (ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡)

“Dari Aisyah ra., bahwasanya Nabi saw. beri‘tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan hingga beliau meninggal dunia, kemudian sesudah beliau meninggal dunia istri-istrinya beri‘tikaf.”  (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis lain Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

ุนَู†ْ ุนَุงุฆِุดَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡َุง ู‚َุงู„َุชْ: ูƒَุงู†َ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ   ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุงِุฐَุง ุงَุฑَุงุฏَ ุงَู†ْ ูŠَุนْุชَูƒِูَ ุตَู„َّู‰ ุงู„ْูَุฌْุฑَ ุซُู…َّ ุฏَุฎَู„َ ู…ُุนْุชَูƒَูَู‡ُ. (ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡)

“Dari Aisyah ra., ia berkata, 'Adalah Nabi saw. apabila beliau hendak beri‘tikaf, beliau salat subuh lalu masuk ke tempat i‘tikafnya'."  (HR. Bukhari dan Muslim)


Reff:
Fiqih Islam Lengkap: PT. Karya Toha Putra

0 Komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Dapatkan Artikel Kami Gratis

Ketik email Anda di sisi:

Kami akan mengirimkannya untuk Anda

Quality Content