Monday, April 13, 2020

Manfaat Air Kelapa Menurut Dokter

Manfaat Lengkap Air Kelapa


Mengenal Manfaat Air Kelapa

Sahabat syariatkita, siapa sangka buah yang identik dengan ibu-ibu ini, maklum biasanya pemanfaatan buah ini hanya sekedar untuk diambil santannya guna keperluan masak memasak, akan tetapi penelitain menunjukkan bahwa air kelapa ternyata justru memiiki andil yang cukup signifikan bagi pemulihan tenaga terutama bagai mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa, dan bagi orang yang kerjanya berkeringat. Dari hasil penelitian inilah, sekarang kita bisa menjumpai banyak produk bermunculan yang menggunakan bahan baku dari air kelapa.

Selain airnya dapat diminum, ternyata air kelapa tidak hanya sekedar sebagai pelepas dahaga saja. Akan tapi air ini juga mampu menyuplai tenaga instan ke dalam tubuh, sehingga air ini sangat bagus buat orang yang berbuka puasa. Hal ini dikarenakan manfaat yang terkandung di dalam air kelapa adalah sebagai alternatif pengganti ion tubuh yang hilang.

manfaat air kelapa menurut dokter


Selain itu, kandungan mineral dan vitaminnya juga dapat meningkatan sistem imun (menambah kekebalan tubuh), membantu mereka yang mengalami gangguan pencernaan dan mengatasi infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

==> Baca Juga: Manfaat Kopi Menurut Dokter; Anjuran Yang Tepat mengopi, Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah, Manfaat Sate Kambing Menurut Islam 

Saking begitu banyaknya kandungan manfaat yang terdapat di dalam air kelapa, sehingga tidak heran pohon yang satu ini dalam  bahasa Sankskerta disebut dengan nama “kalpa vrisha” yang berarti pohon yang menyediakan semua kebutuhan hidup. Dari namanya saja sudah kelihatan keren bukan???. 

Apasajakah Kandungan Nutrisi dan Vitamin di Dalam Air Kelapa

Berdasarkan penelitian ilmiah, pohon kelapa diketahui banyak mengandung nutrisi dan vitamin mulai dari A yang baik untuk kesehatan mata, C dan E yang baik untuk kulit dan juga kaya juga akan vitamin B3, B5 dan juga B6.

Sebuah riset yang dilakukan oleh ilmuwan asal Amerika Serikat; dr. Bruce Fite yang tergabung dalam Coconut Research Centre Amerika Serikat menyebutkan bahwa satu cangkir air kelapa mengandung potasium yang jauh lebih banyak dibandingka buah pisang. 

Selain itu kandungan yang tidak kalah pentingnya adalah Zinc, selenium, iodine, sulfur dan juga mangan. Menurut beliau, kandungan inilah yang merupakan sumber mineral sebagai elektrolit yang sangat mudah diserap oleh tubuh.

Penelitian lain sebagaimana disebutkan oleh Prof. Dr. Made Astawan menyebutkan, bahwa air kelapa mengandung 2,5 % gula, 0,55 % protein, 0,74 % lemak, serta mengandung 0,46 % mineral. Sedangkan kandungan lain seperti glukosa, frutosa dan sukrosa juga turut membuat air kelapa ini menjadi berasa manis. 

Kelebihan dari manisnya air kelapa yaitu, bahwa kandungan gula dalam air kepala justru lebih rendah dibandingkan jus buah sekalipun tanpa ada tambahan pemanis, atau dalam takaran perkiraan adalah 1:5 yang artinya kadar gula dari air kelapa yaitu lima kali lebih sedikit dibandingkan jus apel dalam takaran yang sama, sehingga aman mengkonsumsinya.

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh dan Menangkal Penyakit

Selain manfaat sebagaimana disebutkan, air kelapa juga mengandung banyak elektrolit yang menjaga tubuh tidak dehidrasi, terutama bagi olahragawan atau pekerja keras yang mengandalkan dengan tenaga. Selain itu, air kelapa juga dapat dijadikan sebagai terapi untuk mengatasi penyakit seperti kolera, disentri, flu atau demam dan juga penyakit-penyakit lain yang dapat menyebabkan dehidrasi. 

Pada penderita diare sangat dianjurkan mengkonsumsi air kelapa sebagai ganti cairan tubuh yang hilang dan juga sebagai penangal infeksi yang mungkin timbul dari penyakit tersebut. Sebagaimana dikemuakan oleh dr. Bruce (peneliti dari Amerika) angka kematian yang disebabkan oleh penyakit kolera dapat ditanggulangi dengan meminum air kelapa dengan rasio efektivitas sebanyak 97 % menakjubkan bukan?

Selain beberapa manfaat kandungan air kelapa sebegaimana telah disebutkan di atas, dr. Bruce juga menyebutkan manfaat lain yang terkandung di dalam air buah tersebut antara lain:

1. Melancarkan sirkulasi darah

Menurut dr. Bruce, penderita diabetes biasanya mengalami ganguan sirkulasi darah dan dapat mengakibatkan terjadinya ateroklerosis (pengerasan atau penumpukan plak di pembuluh darah). 

Dengan mengkonsumsi air kelapa, maka aliran darah dapat meningkat dan mengurangi pembentukan plak karena sifatnya yang  mampu memperbesar pembuluh darah. Dengan demikian, maka komplikasi yang mungkin timbul akibat omplikasi penyakit seseorang.

2. Mengurangi resiko terhadap penderita panyakit gula

Air kelapa juga mengandung asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh dan mampu menyerap gula  dan meningkatkan sensivitas insulin. Dengan demikian, seseorang yang mengkonsumsi air kelapa tidak perlu khawatir terhadap peningatan gula dalam darah.

3. Mencegah penuaan dini

Riset menakjubkan ini yaitu didapat oleh dr. Bruce, dimana beliau menemukan hormon yang lazim disebut dengan cytokinin yang biasanya hanya terdapat pada perkembangan dan kematangan tumbuhan yang mirip dengan GH (growth hormone) atau hormon pertumbuhan pada manusia. Hormon cytokinin inilah yang berperan aktif sebagai anti-aging atau penuaan dini pada manusia. 

Dengan kandungan tersebutlah, maka kulit keriput dan kering dapat diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa, sehinggan tidak heran dengan penelitian yang dilakukan oleh dr. Bruce tersebut telah menarik banyak produk kosmetik seperti cream dan otion untuk menambahkan kandungan air kelapa dalam produk mereka.

So, sahabat syariatkita, mulai sekarang kita manfaatkan betul ya air kelapa yang biasanya kita buang dan terabaikan seolah tiada manfaatnya. 


Reff:
Majalah Kesehatan OTC

0 Komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Dapatkan Artikel Kami Gratis

Ketik email Anda di sisi:

Kami akan mengirimkannya untuk Anda

Quality Content