Wednesday, April 15, 2020

Dalil Keutamaan Shalat Sunah Fajar 2 Rakaat

Dalil Keutamaan Shalat Sunah Fajar 2 Rakaat


Keutamaan Shalat Sunah Fajar

Sahabat syariatkita, mungkin di antara kita masih ada yang melamnya begadang sampai tidur larut malam, sehingga subuhnya kesiangan. Tapi ini pakai redaksi “mungkin” ya sahabat? Sehingga apa, ketika subuhnya sudah mepet maka kita bisa ketinggalan shalat sunah yang pahalanya sebih baik daripada dunia beserta seluruh isinya. Dahsyat bukan? Simak ya, keterangan lengkap keutamaan shalat sunah fajar 2 rakaat beserta dalilnya di sini.

Mengenai keutamaaan shalat sunah fajar, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا. (رواه مسلم) 

“Dari Aisyah ra. bahwasanya Nabi saw. telah bersabda, 'Dua rakaat fajar (shalat sunah yang dikerjakan sebelum subuh) itu lebih baik dari dunia dan segala isinya.” (HR. Muslim)

Sangat jelas sekali bukan sahabat, keutamaan shalat sunah fajar. Yaitu bahwa shalat sunah fajar atau shalat sunah dua rakaat sebelum shalat subuh, memiliki keutamaan berupa pahala yang sangat luar biasa.

dalil keutamaan shalat sunah fajar 2 rakaat


Dalam riwayat lain, dari Abu Hurairah RA. bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

لَا تَدَعُوْ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ وَاِنْ طَرَدَتْكُمُ الْخَيْلُ. (رواه احمد وابو داود والبيهقي والطحاوي)

“Janganlah kalian meninggalkan dua rakaat sunah fajar, meskipun kalian dikejar tentara berkuda.” (HR. Abu Dawud, Baihaqi dan Thahawi)

Imam Ahmad dan Muslim meriwayatkan dari Aisyah RA. bahwa ia berka:

مَا رَاَيْتُهُ اِلٰى شَيْءٍ مِنَ الْخَيْرِ اَسْرَعَ مِنْهُ اِلَى الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ.

“Saya belum pernah melihat Rasulullah saw. demikian rajin dan cepatnya mengerjakan suatu kebajikan, sebagaimana rajin dan cepatnya dalam melaksanakan dua rakaat shalat fajar.”

Ketentuan Dalam Pelaksanaan Shalat Sunah Fajar

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwasanya shalat sunah fajar sangat dianjurkan untuk dilaksanakan, hal ini mengingat pahal ayang sangat besar dalam mengerjakan shalat sunah fajar tersebut.

==> Baca Juga: 

Akan tetapi, mengingat waktu shalat subuh yang pendek dibandingkan waktu shalat maktubah lainnya, maka Rasulullah SAW. dalam melaksanakan shalat sunah fajar, dilaksanakan dengan cara ringan dan cepat. Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam hadis, dari Aisyah RA. sebagai berikut:

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّى الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ فَيُخَفِّفُهُمَا حَتّٰى اِنِّيْ لَاَشُكُّ اَقْرَأَ فِيْهِمَا بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ اَمْ لَا؟ (رواه احمد وغيره)

“Bahwasanya Rasulullah saw. shalat dua rakaat sebelum subuh dan melaksanakannya dalam waktu yang cepat. Karena demikian cepatnya sehingga saya ragu-ragu apakah dalam dua rakaat itu beliau membaca surah Fãtiœah atau tidak.” (HR. Ahmad dan lainnya)

Waktunya dalam melaksanakan shalat sunah fajar itu, sama seperti membaca surah Fãtiœah, sebagaimana dalam hadis dinyatakan oleh Aisyah:

كَانَ قِيَامُ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الْفَجْرِ قَدْرَ مَا يَقْرَأُ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ. (رواه احمد والنسائي والبيهقي ومالك والطحاوي)

“Rasulullah saw. berdiri dalam shalat sunah fajar ini dua rakaat sebelum shalat subuh, hanya kira-kira se-kedar untuk membaca surah Fãtiœah.” (HR. Ahmad, Nasa'i, Baihaqi, Malik dan Thahawi)

Surah Yang Dibaca Dalam Shalat Sunah Fajar 

Sebagaimana dianjurkan mempercepat pelaksanaan shalat sunah fajar, maka agar tidak memakan waktu banyak, surah yang dibaca pun haruslah surah yang pendek-pendek. 

Adapun surah yang sunah dibaca dalam shalat sunah fajar sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad adalah surah Al-Kãfirùn dan surah Al-Ikhlas. Berikut hadisnya:

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقْرَأُ فِيْ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ بِقُلْ يَۤا اَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ وَقُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ، يُسِرُّبِهَا. (رواه احمد والطحاوي)

“Bahwasanya Rasulullah saw. dalam melaksanakan shalat sunah fajar ini membaca qul yã ayyuhal-kãfirùn dan qul huwallãhu aœad, dan dibacanya tidak keras suarany.”  (HR. Ahmad dan Thahawi)

Sedangkan dalam kitab I’anatut Thalibin; Bisyarkhi Fathil Mu’in dijelaskan bahwa surah yang disunahkan dibaca dalam shalat sunah fajar adalah surah Al-Insyirah untuk rakaat pertama dan Surah Al-Fill pada rakaat yang kedua.

Doa Setelah Shalat Sunah Fajar

Adapun setelah selesai shalat sunah fajar dua rakaat, maka kita dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ رَبَّ جِبْرِيْلَ وَاِسْرَافِيْلَ وَمِيْكَائِيْلَ وَمُحَمَّدٍ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم اَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ. 3×

“Ya Allah, Tuhan dari Malaikat Jibril, Israfil, Mikail dan Nabi Muhammad saw., saya memohon perlindungan-Mu ya Allah dari siksa api neraka 3x.”

Selain itu kita juga disunahkan membaca istighfar dengan lafal berikut sebanyak 3 kali. Hal ini sebagaimana dalam hadis:

مَنْ قَالَ صَبِيْحَةَ يَوْمِ الْجُمُعَةِ قَبْلَ صَلَاةِ الْغَدَاةِ: اَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِيْ لَا اِلٰـهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، غَفَرَ اللهُ تَعَالٰى ذُنُوْبَهُ وَلَوْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ.

“Siapa saja di waktu pagi hari Jum‘at sebelum shalat subuh membaca: Astagfirullãhal-aÈím lã ilãha illã huwal-œayyul-qayyùmu wa atùbu ilaihi, tiga kali maka Allah akan mengampunkan dosanya walaupun dosanya seperti buih laut.”

Demikian semoga bermanfaat, mungkin Anda juga tertarik dengan artikel kami yang lain:

0 Komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Dapatkan Artikel Kami Gratis

Ketik email Anda di sisi:

Kami akan mengirimkannya untuk Anda

Quality Content