Saturday, April 11, 2020

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cara Menghilangkan Bau Mulut


Kenapa Saat Puasa Mulut Kita Bau

Puasa menjadi  momok yang menakutkan bagi sebagian orang? Mengapa bisa demikian? Jawaban singkat kita adalah karena bau mulut. Bau mulut di sini biasanya muncul karena mulut diam tidak melakukan aktifitas; seperti makan dan minum.

Mungkin kita sering bertanya, mengapa sudah sikat gigi rutin akan tetapi bau mulut kita tetap saja terasa. Bahkan fakta menemukan, ada lebih dari 80 juta orang yang menderita gangguan halitosis kronis atau yang sering kita sebut dengan istilah bau mulut menahun (sampai bertahun-tahun). Penderita gangguan semacam ini, biasanya disebabkan atau karena gangguan gusi dan lidah yang kurang bersihsetelah makan.


Orang yang mengalami gangguan bau mulut biasanya kurang PD ketika harus berbicara didekat orang atau berkomunikasi secara langsung, tetapi sebenarnya mereka tida perlu was-was dan khawatir karena ada beberapa tip dan cara yang sangat efektif untuk mengatasi problem itu semua.

8. langkah Ampuh mengatasi  bau mulut

1. Rajinlah melakukan sikat gigi, minimal dua kali sehari

Sikatlah gigi Anda setiap selesai makan kurang lebih dua atau tiga menit dan setidaknya dilakukan dua kali dalam sehari. Langkah ini dimaksudkan untuk menghilangkan plak gigi dan sisa-sisa makanan makanan yang masih menyangkut di gusi. 

cara menghilangkan bau mulut


Siat gigi yang paling utama yaitu dilakukan menjelang tidur, karena ketika posisi tidaur, orang biasanya tidak melakukan aktivitas apapun sehingga kuman bebas berkeliaran tanpa ada hambatan. 

Khusus bagi anda penderita gangguan bau mulut, sangat dianjurkan menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda, karena pasta gigi ini memiliki formula yang efektif untuk mengurangi keasaman di mulut dan menekan bertumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

2. Lakukan flossing setiap hari

Flossing yaitu membersihkan gigi dengan menggunakan dental floss. Mungkin bagi Anda yang belum pernah mencobanya belum tahu banyak mengenai pembersih yang satu ini. Alat ini dapat Anda beli di apotik, pembersihan gigi dengan menggunakan dental flossing merupakan langkah kedua setelah menggunaan sikat gigi, dikarenakan dengan sikat gigi saja belum menjamin semua sisi makanan dapat dibersihkan dari sela-sela gusi kita. 

Penggunaan alat ini hampir sama dengan menggosok gigi dengan menggesekkan benang/kawat flossing dan menarinya masuk dan keluar., dengan demikian sisi makanan yang masih menempela pada gigi kita akan hilang sempurna, sehingga bau mulutpun dapat di atasi.

3. Bersihkanlah lidah Anda sewaktu menggosok gigi

Kebanyakan orang hanya melakukan sikat gigi saja, mereka tidam menyikat bagian lidahnya, padahal lidah juga menyimpan banyak kotorang sisa dari makanan kita. Membersihkan lidah dimaksudkan untuk menghilangkan residu (sisi makanan) yang terdapat diantara lipatan-lipatan lidah. 

Dengan alat yang murah yang biasa disebut dengan pengikis lidah Anda dapat membersihkan lidah tampa harus membuat lidah kita berdarah, karena membersihkan lidang dengan pasta gigi jika tidak hati-hati justru aan melukai lidah kita dan dapat mengakibatkan berdapar. 

Akan tetapi bagi Anda yang tidak memilikinya, dapat menggunakan bagian luar siat gigi (yang tidak ada sikatnya) atau pilih sikat gigi yang sekaligus ada sikat lidahnya.
Gunakanlah obat kumur sehabis makan atau setelah selesai menggosok gigi

Obat kumur merupakan cairan yang membantu membunuh kuman yang berada di sela-sela rongga mulut kita, akan tetapi perlu diingat bagi Anda penderita bau mulut yang kronis, obat kumur hanya akan menghilangkan bau mulut yang sifatnya sementara, setelah selang beberapa waktu mulut akan kembali bau.oleh karena itu Anda perlu melakukan perawatan dengan obet kumur ini secara teratur, dan jangan lupa pilahlah obat kumur yang alami, atau Anda dapat menggantinya dengan menggunakan rebusan air daun sirih atau teh hijau, yang terbukti aman bagi tenggorokan kita.

4. Rutinlah berkonsultasi dengan dokter gigi Anda

Cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda menjaga kebersihan mulut yang baik adalah dengan berkonsultasi dengan dokter gigi Anda secara teratur. Bagi Anda yang memiliki bau mulut kronis, maka alangkan baiknya sebelum mengobati mulut anda, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi Anda agar nantinya dapat diketahui ersisipenyebab bau mulut Anda, sehingga penanganannya pun dapat lebih maksimal.

5. Berhentilah merokok dan menghindari makanan yang berbau tajam

Para pengkonsumsi rokok, biasanya mengalami gangguan di seitar mulut; seperti di bibir, lidah dan tenggorokan. Dalam kasus seperti ini, biasanya disebabkam karena sifat tembakau yang cenderung kering di mulut, sehingga rentan terhadap munculnya bau mulut. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami bau mulut mulailah dari sedini mungkin untu membatasi merokok sedidit demi sedikit sehingga lama kelamaan Anda akan dapat meninggalkan dan menghindari mengkonsumsinya.

6. Minumlah air putih yang cukup

Diantara penyebab bau mulut adalah karena keadaan tenggorokan yang kering. Untuk mengatasinya pastikan Anda minum air yang cukup kira-kitra enam sampai delapan gelas setiap harinya untuk menghindari mulut menjadi kering. Minum air akan membantu menjaga bau di bawah kendali karena membantu membersihkan partikel makanan dan bakteri yang merupakan penyebab utama bau mulut. Jika Anda memiliki mulut kering yang kronis Anda dapat membeli obat penyebab mulut kering, dan jangan lupa konsultasikanlah keluhan Anda dengan dokter gigi Anda.

7. Makanlah permen yang mengandung sedikit pemanis (gula)

Jika Anda memiliki mulut kering, cobalah mengisap sepotong permen, permen yang efektif  adalah permen karet yang bebas gula. Permen ini dapat merangsang aliran air liur yang akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

8. Mengunyahlah wortel atau apel

Buah-buahan dan sayur-sayuran segar dipercaya dapat meningkatkan aliran air liur Anda. Terutama untuk membantu menyingkirkan bakteri yang terdapat di gigi, lidah dan gusi yang dapat menyebabkan bau mulut. Dengan mengkonsumsi sayu dan buah-buahan setelah makan, dapat membantu membuat mulut Anda menjadi segar kembali.


Demikian semoga bermanfaat, mungkin Anda juga tertarik dengan artikel kami yang lain:

Reff:
Tabloid Oto Digest

0 Komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Dapatkan Artikel Kami Gratis

Ketik email Anda di sisi:

Kami akan mengirimkannya untuk Anda

Quality Content