Tuesday, December 26, 2017

Tanya Jawab Hukum Islam

Tanya Jawab Lengkap Masalah Agama

Sahabat syariatkita, sebagai seorang muslim kita dituntut menjalankan agama tidak sebatas taqlid saja atau menjalankan agama tanpa tahu dasar dan hukumnya, Beragama hanya sesuai pengetahuan dari guru, orang tua atau bahkan karena ikut-ikutan saja, jika hal ini terjadi pada kita marilah mulai dari sekarang kita berbenah diri mencari tahu akan kebutuhan beragama kita, mulai dari permasalahan akidah, ubudiyah dan muamalah. Hal ini tiada lain karena derajat antara orang yang beribadah, ia mengetahui dasar hukumnya dengan yang tidak tahu, atau tahu tetapi hanyalah setengah-setengan saja pastilah berbeda. Tingkatan tertingginya tentulah mereka yang beribadah dan tahu akan dasar hukumnya, atau dengan kata lain derajat orang yang ahli ibadah dengan orang yang alim (mengetahui dasar hukum agama) pastilah sangat berbeda, dan sebagai jawabannya tentula tinggi kedudukan orang yang alim dihadapan Allah SWT,. sebagaimana difirmankan:

يَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَـٰتٍ۬‌ۚ



“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”


Berawal dari itulah dalam kesempatan ini saya mencoba mengupas problematika yang ada di sekeliling kita, mulai dari masalah sosial, budaya dan hal lain yang tentunya berhubungan dengan agama dengan dalil dan dasar hukum sang saya jelaskan secara terperinci dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jika ada kekurangan dalam pembahasan, Anda dapat mengajukan pertanyaan melalui email atau dapat pula melalui komentar, guna perbaikan permasalahan dan topik yang saya publikasikan. Berikut diantara tema-tema permasalahan yang ada disekeliling kita. Semoga bermanfaat.


Tanya Jawab Hukum Islam
  1. Hukum bermadzhab
  2. Hukum menuntut ilmu dan mengajarkannya
  3. Hukum mengadkan maulid Nabi SAW.
  4. Bagaimana cara menghindarkan diri dari riba yang kian hari semakin merajalela
  5. Hukum riba dan bunga bank
  6. Bagaimana hukumnya mengerjakan solat duha dengan berjamaah
  7. Bagaimana cara bertamu sesuai ajaran Rosulullah SAW
  8. Hukum orang fasik menjadi wali nikah
  9. Hukum memagari kuburan dengan tembok
  10. Hukum jual beli babi dan minuman keras
  11. Hukum menghias kuburan dengan sutera
  12. Hukum orkestra atau hiburan
  13. Hukum bermain catur
  14. Hukum berjoget / goyang

0 Komentar:

Post a Comment

Dapatkan Artikel Kami Gratis

Ketik email Anda di sisi:

Kami akan mengirimkannya untuk Anda

Quality Content