Saturday, April 11, 2020

Manfaat Kopi Menurut Dokter

Manfaat Kopi Menurut Dokter


Sekilas Tentang Kopi

Siapa sangka si hitam yang dahulunya merupakan minuman yang identik dengan acara ritual, terutama pada abad ke-15 dimana para sufi mengkonsumsinya guna menyambung ibadah dan zikir mereka, sehingga kondisi mereka dapat vit dan tetap terjaga semalaman, akan tetapi pada dekade dewasa ini kopi justru menjadi primadoda dikalangan tua muda, kopi menjadi teman ngobrol dan bersantai yang dinikmati tidak hanya dalam keadaan panas tetapi juga dingin. Tidak hanya itu saja, si hitam juga dappat dinikmati pagi, siang, sore maupun malam hari.

Akan tetapi dibalim itu semua dampak kopi terhadap kesehatan masih banyak yang pro dan kontra. Ada yang menganggap bahwa kopi memberikan dampak negatif bagi kesehatan akan tetapi ada pula yang menyatakan sebaliknya, yakni kopi justru dapat memberikan dampak positif bagi konsumennya. 

manfaat kopi menurut dokter


Menurut salah seorang Guru Besar Instirut Pertanian Bogor (IPB); Prof. Dr. Dedy Muhtadi, pengaruh yang ditimbulkan dari mengkonsumsi kopi lebih dikarenakan dosis konsumsinya saja yang berbeda antara satu orang dengan lainnya.

Zaman dulu, kopi dianggap sebagai minuman yang rentan mengakibatkan meningkatnya resiko penyakit jantung. Mungkin statemen tersebut ada juga benarnya, akan tetapi anggapan tersebut tentunya perlu dikaji dan difahami lebih mendalam lagi. Apakah benar hal terwebut dikarenakan kopi atau hal lain. Karena study mutakhir justru membuktikan sebaliknya, yakni kopi malah dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. 


Efek Positif & Negatif Yang Ditimbulkan Oleh Kopi

Mengenai efek positif dan negatif kopi, sebagaimana dijelaskan oleh Prof. Dedy adalah sebagai berikut:

1. Efek Negatif

Anggapan bahwasanya kopi dapat menyebabkan efek negatif memanglah tidak salah. Hal tersebut dikarena, kandungan kafein yang berasal dari kopi dapat memblokir reseptor adenosin (neurotransmitter). Akibat yang ditimbulkan dari pemblokiran ini adalah adanya rasa yang menenangkan. Karena bersifat bersifat stimulan (merangsang timbulnya rasa tenang), maka kopi dapat  melebarkan saluran udara yang terdapat di paru-paru, sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan (alertness), dan meningkatkan konsentrasi, sehingga kerja jantung semakin tinggi.

2. Efek Positif

Ditinjau secara umum, sebenarnya dampak yang ditimbulkan dari kopi ternyata banyak positifnya. Hal tersebut dikarenakan, kopi dapat meningkatkan performa dan semangat dalam bekerja. Adapun efek negatif yang timbul dari kopi sebenernya tidak lebih dikarenakan dari faktor lain. 

Faktor tersebut ternyata disebabkan oleh pengkonsumsi itu sendiri, seperti kopi terutama yang hitam pekat umumnya identik dengan kebiasaan mereka yang senang merokok, duduk berjam-jam sehingga kurang gerak dan tidur larut malam faktor inilah yang sebenarnya dapat meningkatkan resiko terhadap tekanan penyakit jantung.

Jadi dapat diambil pengertian, bahwa mengkonsumsi kopi agar tidak menimbulkan efek negatif, maka haruslah diimbangi dengan gerak dan kebiasan sehat para penikmat kopi tersebut.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat kopi bagi kesehatan sebagaimana dijelaskan dalam OTC edisi 81 2013:

1. Menurunkan resiko gagal jantung

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi sebagaimana dalam penelitian yang dilakukan oleh E. Motofsky Dkk, mulai dari Januari 1966 hingga Desember tahun 2012. Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi  4 porsi perhari memiliki resiko gagal jantung lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi. 

Akan tetapi mengkonsumsi kopi lebih lebih banyak (melebihi 4 porsi/gelas) ada kemungkinan peningkatan resiko kesehatan jantung. Jadi konsumsilah sesuai dengan aturan yang pas.

Sebuah study yang melibatkan 130.000 anggota asuransi di Amerika serikat menunjukkan bahwa 1-3 cangkir kopi/hari memiliki kemungkinan 20% lebih rendah dirawat di rumah sakit akibat denyut jantung yang tidak teratur (aritmia).

2. Meurunkan resiko serangan stroke

Dalam sebuah penelitian jangka panjang oleh Nurses Health Study terhadap 83.700 perawat menunjukkan penurunan terhadap serangan stroke sebanyak 20% pada perempuan yang mengkonsumsi kopi 2 cangkir/hari, dibandingkan orang yang minum lebih sedikit atau tidak minum sama sekali.

3. Menurunkan resiko diabetes

Penelitian yang dipublikasikan oleh ISIC (Institure for Scientific Information on coffe) pada tahun 2012 menyebutkan bahwa penikmat kopi 3-4 cangkir kopi/hari, dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2.

4. Kopi merupakan sumber antioksidan

Salah satu zat aktif yang terkandung dalam kopi sebagai antioksidan adalah methylpyridiniu yang bersifat antikarsinogenik (anti kanker). Antioksidan lain yang terdapat dalam koi adalah kafein, asm kafeat, asam klorogenat, tannic acid dan eugenol. 

Sebuah research yang dilakukan oleh University of british Columbia Kanada yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Food Research International tahun 2011 menunjukkan bahwa pemanggangan kopi menciptakan antioksidan yang disebut dengan maillard reaction products (MRP).

5. Menurunkan resiko kanker payudara dan prostat

Manfaat terahit dari kopi adalah sebagai anti kanker payudara, sebagaimana dala research yang dilakukan oleh Swedia dalam jurnal Breast Cancer Research (BCR) menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi dapat menurunkan resiko kanker payudara. Selain itu, laki-laki yang rutin mengkonsumsi kopi memiliki resiko lebih rendah terhadap resiko kanker prostat ganas.


Sekian artikal saya kali ini, semoga dapat menjadikan inspirasi kita tentang bagaimana mengkonsumsi kopi yang baik dan menggunakannya sebagai salah satu media dan alternatif untuk mewujudkan kesehatan dalam diri kita.

Demikian semoga bermanfaat, mungkin Anda juga tertarik dengan artikel kami yang lain:



Reff:
Majalah Otodigest Edisi: 81

0 Komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Dapatkan Artikel Kami Gratis

Ketik email Anda di sisi:

Kami akan mengirimkannya untuk Anda

Quality Content