Monday, April 20, 2020

Pahala Membaca Al-Qur’an Satu Huruf

Pahala Membaca Al-Qur’an Satu Huruf


Sahabat syariatkita, Al-Qur’an merupakan kalamullah yang syarat akan kemu’jizatan dan keutamaan. Keutamaan Al-Qur’an sendiri tidak hanya berfaedah di dunia saja, akan tetapi juga sampai ke hari kiamat kelak. Baca: Keutamaan Membaca dan Menghafalkan Al-Qur’an di sini.

Pahala Membaca Al-Qur’an Satu Huruf

Diantara keutamaan Al-Qur’an yaitu terletak pada besarnya pahala bagi orang yang membacanya. Kalau seseorang membaca hadis ia belum tentu mendapatkan pahala sebelum dinilai dari niatnya. Jika niatnya baik, maka pastilah ia akan mendapatkan pahala karena niatnya itu. Akan tetapi berbeda dengan Al-Qur’an, orang fasiq sekalipun membacanya tetap mendapatkan pahala.

Yang lebih utama lagi, ternyata pahala membaca Al-Qur’an dihitung dari satuan terkecil. Apa satuan terkecil itu? Satu Al-Qur’an penuh kah? Atau hanya satu juz, satu manzil, satu maqro’ atau satu ayat? Ternyata pahala membaca Al-Qur’an dihitung per huruf. MasyaAllah alangkah beruntungnya orang yang membaca Al-Qur’an. Mudah-mudahan kita termasuk kedalam golongannya. Amin

==> Baca Juga: 

Adapun dalil yang menyatakan bahwa pahala membaca Al-Qur’an dihitung perhuruf adalah hadis sahih yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari Abdullah ibnu Mas’ud sebagai berikut:

عن ابن مسعود رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من قرأ حرفا من كتاب الله تعالى فله (به) حسنة والحسنة بعشر امثالها، لا اقول الم حرف، ولكن الف حرف ولام حرف وميم حرف

“Rasulullah SAW bersabda, “barang siapa membaca satu huruf dari kitabullah (Al-Qur’an), maka baginya pahala berupa kebaikan. Dan pahala kebaikan tersebut dilipatgandakan sampai sepuluh. Saya tidak mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, akan tetapi Alif itu satu huruf, Laam itu satu huruf dan Miin itu satu huruf. ” (HR. At-Tirmidzi) 

Dengan demikian sangat jelas bahwasanya manakala kita membaca ”Alif Laam Miim” di dalam fawatihu as-suwar, maka kita mendapatkan pahala komulatif sejumlah 30 kebaikan. Ini diperoleh dari hitungan Alif=10, Laam=10, dan Miim=10. Jadi total pahala adalah 30. bisa dibayangkan kalau kita membaca Al-Qur’an satu ayat, satu surah, satu juz bahkan jikalau sampai khatam, tentunya kita akan memdapatkan pahasa yang sangat agung dari Allah Subhanahu Wata’ala. Akan tetapi perlu diingat juga niat kita harus benar-benar ikhlas karena Allah. Karena Sahnya Amal Bergantung Pada Niatnya.

Keutamaan Menjadikan Al-Qur’an Sebagai Wirid 

Selain mendapatkan pahala yang sangat agung bagi orang yang membaca Al-Qur’an, orang yang sehari-harinya tersibukkan membaca Al-Qur’an, dan menjadikan Al-Qur’an sebagai wiridan (atau amalan rutin), sehingga ia tidak sempat berdoa meminta kepada Allah SWT. Maka Allah SWT akan memberikan anugerah yang luar biasa kepadanya melebihi anugerah yang diberikan Allah SWT kepada orang yang meminta anugerah kepada-Nya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis qudsi yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi  dari abu Sa’id Al-Khudri berikut:

 يقول الرب سبحانه وتعالى : من شغله القران وذكري عن مسئلتى اعطيته افضل ما اعطي السائلين، وفضل كلام الله سبحانه وتعالى على سائر الكلام كفضل الله تعال على خلقه

“Allah Subhanahu Wata’ala berfirman, “Barang siapa yang tersibukkan oleh Al-Qur’an dan dzikir kepada-Ku, sehingga tidak sempat meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberikan anugerah yang lebih utama melebih anugerah yang aku berikan kepada orang-orang yang meminta kepada-Ku. Dan keutamaan Al-Qur’an melebihi kalam yang lain seperti utamanya Allah atas seluruh makhluk-Nya” 

MasyaAllah, sangat agung sekali anugerah Allah SWT yang diberikan kepada hamba-Nya yang terseibukkan dengan Al-Qur’an. Tanpa kita harus meminta kepada Allah asal kita menjadikan Al-Qur-an sebagia amalah rutinnya, kita akan meeroleh anugerah melebihi mereka yang meminta kepada Allah. Oleh karena itu kita jadikan bulan Ramadhan yang muliaini sebagai lahan mendapatkan Ridha-Nya. Amin.

Demikian semoga bermanfaat, mungkin Anda juga tertarik dengan artikel kami yang lain:


Reff:
Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalati Al-Qur'an

0 Komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Dapatkan Artikel Kami Gratis

Ketik email Anda di sisi:

Kami akan mengirimkannya untuk Anda

Quality Content