Wednesday, April 15, 2020

Doa shalat tarawih dan witir lengkap beserta artinya

Doa shalat tarawih dan witir lengkap beserta artinya


Sahabat syariatkita, sebagaimana kita ketahui bahwa di bulan Ramadhan terdapat ibadah mahdhah antara hamba dan Rabnya, yang mana ibadah tersebut tidak bisa dikerjakan selain di bulan Ramadhan. 

Ibadah tersebut adalah berupa shalat tarawih, adapun shalat witir tetap dapat dilakukan di luar bulan suci Ramadhan. 

Doa shalat tarawih dan witir lengkap beserta artinya


Nah bagi Anda yang sedang mencari referensi doa tarawih, berikut saya suguhkan spesial untuk Anda lengkap dengan artinya. Tujuan kami mencantumkan beserta arti agar jikalau kita paham maknanya, maka harapannya adalah kita dapat berdoa dengan lebih khusyu’. 

Berikut redaksi lengkapnya: 

==> Baca Juga: 

Doa Sesudah Salat Tarawih

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْاِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِفَرَائِضِكَ مُؤَدِّيْنَ. وَعَلَى الصَّلَوَاتِ مُحَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طٰلِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدٰى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى الْاٰخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبِالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَبِالنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلَايَا صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ. وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَفِى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَعَلٰى سَرِيْرَةِ الْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍ عِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ اٰكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفِّيْنَ شَارِبِيْنَ. بِاَكْوَابٍ وَاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِنْ مَعِيْنٍ. مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ اُولٰۤئِكَ رَفِيْقًا. ذٰلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفٰى بِاللهِ عَلِيْمًا. وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

“Ya Allah, jadikanlah kami (orang-orang) yang imannya sempurna, dapat menunaikan segala fardhu, menjaga salatnya, menunaikan zakat, menuntut/mencari segala kebaikan di sisi-Mu, mengharap ampunan-Mu senantiasa memegang teguh petunjuk-petunjuk-Mu, terlepas/terhindar dari segala penyelewengan, zuhud di dunia dan mencintai amal untuk bekal di akhirat, rela terhadap ketentuan-Mu, mensyukuri segala nikmat-Mu, tabah (sabar) menerima cobaan dan semoga nanti pada hari kiamat kami dalam satu barisan di bawah naungan panji-panji junjungan kami Nabi Muhammad saw. dan melalui telaga yang sejuk, masuk ke dalam surga, dan duduk di tahta kehormatan, didampingi oleh bidadari surga, dan mengenakan baju kebesaran dari sutera berwarna-warni, menikmati hidangan surga yang lezat, minum susu dan madu yang suci bersih dalam gelas-gelas dan kendi-kendi yang tak pernah kering, bersama-sama dengan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat pada mereka dari golongan para nabi, shiddiqin dan orang-orang yang syahid serta orang-orang shaleh. Dan baik sekali mereka menjadi teman-teman kami. Demikianlah kemurahan dari Allah swt. dan kecukupan dari Allah yang Maha Mengetahui. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.”

Download Doa Shalat Tarawih

Untuk Anda yang menginginkan download Do'a shalat tarawih lengkap format Pdf. dapat downlod di sini


Doa Sesudah Salat Witir

Adapun doa shalat witir kami sampaikan dalam dua versi; yaitu panjang dan pendek. Panjang bagi Anda yang ingin kandungan doanya mencakup lebih banyak dan pendek bagi Anda yang menghendaki meringkas, atau Anda sedang dalam keperluan sehingga butuh cepat-cepat.

Adapun antara doa yang panjang dan pendek, esensi yang terkandung adalah sama saja. Karena keduanya ada dasarnya dan ma’tsur. Berikut redaksi lengkap beserta artinya:

Doa witir lengkap

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْاَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا. وَنَسْاَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا. وَنَسْاَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا. وَنَسْاَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا. وَنَسْاَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا. وَنَسْاَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا. وَنَسْاَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا. وَنَسْاَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ. وَنَسْاَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ. وَنَسْاَلُكَ الشُّكْرُ عَلَى الْعَافِيَةِ. وَنَسْاَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ. اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَا اَللهُ يَا اَللهُ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلٰى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu (mohon diberi) iman yang langgeng, dan kami mohon kepada-Mu hati yang khusyuk, dan kami mohon kepada-Mu diberi ilmu yang bermanfaat, dan kami mohon ditetapkannya keyakinan yang benar, dan kami mohon (dapat melaksanakan) amal yang shaleh, dan kami mohon tetap dalam agama Islam, dan kami mohon diberi kebaikan yang melimpah-limpah, dan kami mohon memperoleh ampunan dan kesehatan, dan kami mohon kesehatan yang sempurna, dan kami mohon mensyukuri atas kesehatan kami, dan kami mohon kecukupan. Ya Allah, ya Tuhan kami, terimalah salat kami, puasa kami, rukuk kami dan khusyuk kami, ketundukan kami dan pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama salat ya Allah, ya Allah, ya Allah Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Dan semoga Allah memberi rahmat atas sebaik-baik makhluk-Nya, yaitu Muhammad beserta segenap keluarga dan sahabatnya semua. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam.”

Doa witir ringkas, yang ma’tsur dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam


اَللّٰهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّيْ. 3× اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ. 3×

“Ya Allah, sesungguhnya Engkaulah Tuhan yang memberi ampun, dan Engkaulah Tuhan yang suka memberi ampun, karena itu ampunilah hamba, ya Allah, hamba mohon keridhaan-Mu dan surga, dan hindarkanlah hamba dari kemurkaan-Mu dan dari api neraka.”

Dalam hadis lain dinyatakan:

عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَقُوْلُ فِيْ اٰخِرِ وِتْرِهِ: اَللّٰهُمَّ  اِنِّيْ اَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سُخْطِكَ، وَاَعُوْذُ بِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ، وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ، لَا اُحْصِيْ ثَنَاءً عَلَيْكَ اَنْتَ كَمَا اَثْنَيْتَ عَلٰى نَفْسِكَ.  (رواه احمد وابو داود والنسائي والترمذي وابن ماجه)

“Dari Ali ra., bahwasanya Rasulullah saw. biasa membaca pada akhir salat witir, yang artinya: 'Ya Allah aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu dan aku berlindung dengan kemaafan-Mu dari azab-Mu. Aku berlindung kepada Engkau; aku tidak dapat menghinggakan puji bagi-Mu sebagaimana Engkau telah memuji diri-Mu sendiri.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Nasa'i, Turmudzi dan Ibnu Majah)



Reff:
Kitab Adzkar An-Nawawi
Fiqih Islam Lengkap

0 Komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Dapatkan Artikel Kami Gratis

Ketik email Anda di sisi:

Kami akan mengirimkannya untuk Anda

Quality Content