Friday, May 15, 2020

Prediksi Lailatul Qadar Imam As-syafii

Prediksi Lailatul Qadar Imam As-Syafii


Sahabat Syariatkita, sudah pada tahu semua kan keutamaan malam lailatul qadar? Iya kalian benar, keutamaan lailatul qadar lebih utama dibanding 1000 bulan. Jadi, siapa orangnya ya yang kira-kira dikaruniai Allah Subhanahu Wata'ala umur sekian, pastinya tidak ada, ya kan???

prediksi malam lailatul qadar imam asy-syafi'i

Akan tetapi sahabat, kita tidak harus berumur hingga seribu tahun untuk beramal kebaikan, karena apa, diantara keutamaan Umat Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam adalah dianugerahi malam lailatul qadar, yang mana barang siapa beribadah di malamnya maka hitunganya lebih baik dari 1000 bulan. Dan yang pasti keutamaan lailatul qadar tidak diberikan oleh Allah Subhanahu Wata'ala kepada ummat sebelumnya. 

Sebab Turunnya Lailatul Qadar

Sahabat, ternyata malam lailatul qadar sebagaimana yang kita ketahui sekarang ini tidaklah diberikan oleh Allah serta merta. Akan tetapi ada sabab musababnya, apakah gerangan?

Di dalam hadis disebutkan:

عن ابن عباس رضي الله عنهما انه ذكر لرسول الله صلى الله عليه وسلم رجل من بني اسراءيل حمل السلاح على عاتقه الف شهر في سبيل الله ــــــــــ الى اخر الحديث
"Dari Ibnu Abbas RA, bahwasanya disebutkan kepada Rasulullah SAW laki-laki yang senantiasa membawa pedang dan menyelempangkannya di bahunya untuk berjuang di jalan Allah selama 1000 bulan. Kemudian Rasulullah SAW terkaget kepada ceritanya orang bani Israil tadi, lalu beliau mengharapkan pahal atrsebut bagi umatnya. Setelah itu beliau berdoa, 'Ya Tuhanku, telah Engkau jadikan umat ku adalah umat dengan usia terpendek (dibanding umat sebelumnya) dan oaling sedikit pula dalam beramal'. Dengan demikian Allah SWT memberikan keutamaan lailatul qadar kepada ummatnya."

Hadis di atas menjelaskan bahwa sabab musabab diturunkannya lailatul qadar adalah sifat rahmat dan kasih sayang Rasulullah kepada umatnya. Sehingga dengan umur pendek yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wata'ala akan tetapi diberikan kesempatan memiliki amalan dan pahala yang melebihi keutamaan yang dierikan oleh Allah kepada umat sebelum Nabi Muhammad.

Terjadinya Lailatul Qadar Menurut Ulama' Syafi'iyah

Disebutkan dalam kitab Ianatut Thalibin hal.290 dijelaskan bahwa lailatul qadar terjadi pada 10 terakhir di bulan Ramadhan. Dari 10 hari tersebut yang paling diharapkan turun adalah di malam-malam ganjil. Yakni malam ke-21, malam ke-23, dan malam ke-25 di akhir bulan Ramadhan. Lantas apasaja tanda-tanda terjadinya lailatul Qadar? Baca: Keutamaan dan tanda-tanda terjadinya lailatul qadar disini. 

Kaitanya dengan pendapat ini, yaitu bahwasanya malam lailatul qadar jatuh pada tanggal sepuluh di akhir bulan Ramadhan, maka malam lailatul qadar tersebut tidak berubah-ubah. Artinya jikalau malam lailatul qadar terjadi di tanggal 23 maka di bulan Ramadhan tahun berikutnya sama yaitu malam lailatul qadar akan terjadi di tanggal 23. Dengan demikian, orang yang telah mendapati malam lailatul qadar di bulan Ramadhan, maka dapat dipastikan ia dapat mengetahui terjadinya malam lailatul qadar di bulan berikutnya.

Berbeda dengan pendapat di atas Imam An-Nawawi yang masih merupakan As-Habus Syafi'i menjelaskan bahwa terjadinya lailatul Qadar setiap tahunnya senantiasa berpindah-pindah. Maksudnya tidak selalu trjadi pada tanggal yang sama setiap tahunnya. Adapun prediksi malam lailatul qadar menurut Imam Al-Ghozali baca di sini. Rumusan Pasti Lailatul Qadar Imam Al-Ghazali

Sahabat, mudah-mudahan kita dapat menjuumpai mulyanya  malam lailatul qadar. Amin...

0 Komentar:

Post a Comment

Dapatkan Artikel Kami Gratis

Ketik email Anda di sisi:

Kami akan mengirimkannya untuk Anda

Quality Content