Wednesday, August 17, 2016

Niat dan doa selama perjalanan ibadah haji lengkap dengan artinya

PERJALANAN HAJI TAMATTU’ GELOMBANG 2 

Bagi Anda calon tamu Allah, kami memberikan panduan niat dan doa selama dalam perjalanan haji yang kami tulis dengan bahasa indonesia dengan tujuan tiada lain adalah agar kita lebihmengenal dengan haji yang kita lakukan. Karena bagian dari sahnya ibadah termaasuk di dalamnya adalah niat, sehingga dengan niat yang kita pahami yaitu dengan bahasa indonesia akan menjadikan kita lehih merasa khuzur akan ibadah haji yang kita jalankan.

1.     Arti niat sholat safar
Saya niat shalat safar dua rokaat, meghadap kiblat karena Allah Ta’ala
2.     Arti do’a keluar dari rumah
Dengan menyebut nama Allah, saya beriman kepada Allah, saya berserah diri kepada Allah, tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah, zat yang Maha Agung
3.     Arti do’a berada di atas kendaraan
Dengan menyebut nama Allah zat yang melakukan dan melepaskan (bahtera), sesungguhnya Tuhanku Dia-lah zat yang Maha Pengampun lagi maha penyayang
4.     Arti doa ketika kendaraan mulai berjalan
Dengan menyebut nama Allah, zat yang Maha Pengasih dan Penyayang, Allah Maha Besar 3x, Maha suci zat yang telah menundukkan (kendaraan) ini, yang mana kami sebelumnya tidak bisa menyertai (menguasai) nya, dan sesungguhnya kepada Tuhan kitalah (kita semua) akan kembali
5.     Arti doa ketika tiba di tempat tujuan
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikannya (tempat tujuan), kebaikan penduduknya dan kebaikan apa yang terdapat di dalamnya, dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kejelakannya (tempat tujuan), kejelakan penduduknya dan kejelekan apa yang terdapat di dalamnya
6.     Arti do’a ketika masuk kota Madinah
Ya Allah, ini (kota Madinah) adalah (kota) kemuliaan utusan-Mu, maka jadikanlah (kota ini) sebagai penjagaku dari api neraka dan menjadi penyelamatku dari siksa
7.     Arti do’a masuk masjid Nabawi
Ya Allah, curahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan kepada keluarga junjungan kita Nabi Muhammad
8.     Arti do’a sholat tahiyyatul masjid
Saya niat shalat tahiyyatul masjid dua rokaat sembari menghadap kiblat karena Allah Ta’ala
9.     Arti do’a niat I’tikaf
Saya niat melakukan sunah I’tikaf karena Allah Ta’ala
10.   Arti do’a ketika ziarah di makam Rasul
-       Semoga keselamatan tercurah kepadamu wahai Rosulullah
-       Semoga keselamatan tercurah kepadamu wahai Abu Bakar as-Shiddiq
-       Semoga keselamatan tercurah kepadamu wahai Umur bin Khattab

UMROH
1.     Arti do’a mandi ihrom
Saya niat mandi sunah ihrom, karena Allah Ta’ala
2.     Arti do’a sholat tahiyyatul masjid
Saya niat shalat tahiyyatul masjid dua rokaat sembari menghadap kiblat karena Allah Ta’ala
3.     Arti shalat sunah ihrom
Saya niat shalat sunah ihrom dua rokaat sembari menghadap kiblat karena Allah Ta’ala
4.     Arti do’a niat umroh
Saya niat (melakukan) umroh dan dengan ini (pula) aku berumroh karena Allah Ta’ala
5.     Arti do’a setelah selesai ihrom
Ya Allah, sesungguhnya aku telah membatasi/menghalangi diriku dari semua apa yang telah Engkau haramkan kepada orang yang berihrom, maka berikanlah rahmat kepadaku wahai Zat yang kasih sayang-Nya melebihi kasih sayang seluruh alam semesta
6.     Arti bacaan talbiyah
Ya Allah, aku memenuhi panggilan-Mu, saya memenuhi panggilan-Mu tiada sekutu bagi-Mu, sesungguhnya segala pujian, kenikmatan dan kekuasaan hanya milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, Ya Allah, curahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan kepada keluarga junjungan kita Nabi Muhammad
Ya Allah, sesungguhnya aku minta keridaan-Mu dan surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari murka-Mu dan (dari) neraka. Ya Allah, berikanlah kebaikan kepadaku di dunia dan di akhirat dan peliharalah diriku dari siksa neraka
7.     Arti do’a memasuki kota Mekah
Ya Allah ini (kota Mekah) adalah (kota) mulia-Mu dan keselamatan-Mu, maka hindarkanlah daging, darah rambut dan kulitku dari neraka, dan selamatkanlah aku dari siksa-Mu di hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu (dari kubur), dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang yang Engkau kasihi dan ahli taat terhadap-Mu
8.     Arti do’a masuk masjidil haram
Ya Allah Engkaulah Maha Pemberi Keselamatan, dari-Mulah keselamatan dan kepada-Mulah keselamatan itu akan kembali, maka hidupkanlah aku (wahai Tuhanku) dengan selamat, dan masukkanlah aku ke surga; tempat keselamatan, wahai Sang Maha Pemberi Berkah dan Maha Tinggi,, wahai zat yang Maha Agung dan Mulia
Ya Allah, bukalah pintu rahmat-Mu untukku, dengan menyebut nama Allah, segala puji bagi Allah, shalawat dan keselamatan semoga tercurah kepada utusan Allah
9.     Arti doa melihat Ka’bah
Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan dan kehebatan pada rumah ini (Baitullah/Ka’bah), dan tambahkanlah (pula) kemuliaan, keagungan, kehormatan dan kebaikan bagi orang yang memuliakannya (Baitullah/Ka’bah), mengagungkannya, dan menghormatinya termasuk di dalamnya yaitu orang yang yang sedang berhaji dan berumroh
10.   Arti do’a niat towaf umroh
Saya niat tawaf umroh di rumah kono ini (Baitul Atiq / Ka’bah) sebanyak 7 kalikarena Allah. Allah Maha Besar
11.   Arti do’a ketika towaf
Mahasuci Allah, segala puji hanya milik Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Mahabesar, tiada daya dan upaya kecuali hanya dengan pertolongan Allah zat yang Mahaluhur dan Mahaagung
12.   Arti doa ketika melewati makam Ibrahim
Ya Tuhanku, masukkanlah aku ke tempat yang benar dan keluarkanlah aku menuju tempat yang benar, dan jadikanlah untukku dari sisi-Mu pemimpin yang menolong (kami). Dan katakanlah (Muhammad) telah datang kebenaran dan telah binasa kebatilan, sesungguhnya kebatilan pasti akan binasa
13.   Arti do’a diantara rukun yamani & hajar aswad  
Ya Tuhan kami, berikanlah kebaikan kepada kami di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka, dan masukkanlah kami ke dalam surge beserta orang-orang yang baik, wahai zat yang Mahamulia lagi maha Pengampun, wahai zat yang merajai seluruh alam semesta
14.   Arti niat shalat sunah towaf
Saya niat shalat towaf dua rokaat sembari menghadap kiblat karena Allah Ta’ala
15.   Arti do’a minum air zam-zam
Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang lapang, dan disembuhkan dari semua penyakit berkat kasih sayang-Mu, wahai Zat yang kasih sayangnya melebihi kasih sayang seluruh alam semesta
16.   Arti niat sa’i umroh
Saya niat menjalankan sa’i diantara (bukit) shofa dan marwa dengan niat sa’I umroh 7 kali karena Allah Ta’ala. Allah Maha Besar
17.   Arti do’a sa’i
Allah Maha Besar 3x Ya Allah, saya menjalankan sunah Nabi-Mu dan matikanlah aku pada agama-Mu (dalam keadaan Islam), dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kesesatan-kesesatan (yang timbul dari) fitnah
18.   Arti do’a diantara pilar hijau
Ya Tuhanku, ampunilah aku, sayangilah aku, maafkanlah (aku), muliakanlah (aku) dan ampunilah (aku) dari apa (dosa) yang Engkau ketahui, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui apa yang tidak aku ketahui, sesungguhnya Engkaulah Allah zat yang Mahaagung lagi Mahamulia  
19.   Arti do’a ketika mendekati marwah dan shofa
Sesungguhnya (bukit) shofa dan marwa termasuk salah satu dari tanda-tanda kebesaran Allah, maka barang saiapa berhaji ke Baitullah (ka’bah) ataupun menjalankan umroh maka tiada dosa baginya mengelilingi keduanya. Dan barang siapa melakukan amalan sunah (maka hal itu) baik (baginya) dan sesungguhnya Allah adalah zat yang Maha Menerima (amal) lagi Maha Mengetahui
20.   Arti do’a menggunting rambut
Ya Allah, jadikanlah setiap helai rambut (ini) cahaya kelak di hari kiamat
21.   Arti niat towaf sunah
Saya niat (menjalankan) tawaf sunah di tehmpat yang kuno ini (Ka’bah) 7 putaran karena Allah Ta’ala. Allah Maha Besar
SUJUD SYUKUR
1.     Arti niat sujud syukur
Saya niat sujud syukur karena Allah Ta’ala. Allah Maha Besar
2.     Arti bacaan sujud syukur
Saya menghadapkan wajahku pada Zat yang menciptakannya (wajah) membentuknya dan membedah pendengarannya dan penglihatannya, dengan daya dan kekuatan-Nya maha suci Allah Zat Yang Pencipta yang paling baik
3.     Arti do’a agar bisa kembali mengunjungi Ka’bah lagi
Ya Allah, (berikanlah anugerah kepadaku) agar bisa kembali mengunjungi Ka’bah beserta anak-anak (lk & pr) ku
4.     Arti niat haji
Saya niat haji dan berihrom dengannya (haji) karena Allah Ta’ala
5.     Arti do’a melempar jumroh ula
Saya niat melempar jumroh ula (pertama) dengan tuju kerikil karena Allah Ta’ala. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar
6.     Arti do’a melempar jumroh wusto
Saya niat melempar jumroh wusto (tengah) dengan tuju kerikil karena Allah Ta’ala. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar
7.     Arti do’a melempar aqobah
Saya niat melempar jumroh aqobah dengan tuju kerikil karena Allah Ta’ala. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, jadikanlah hajiku haji yang baik, dan jadikanlah sa’iku sa’i yang diterima dan diampuni dosaku, dan amal baik yang diterima dan dagangan yang tiada merugi. Amin…
http://syariatkita.blogspot.co.id/


Sumber:
Buku saku bimbingan haji KBIH NU Kaliwungu

Baca Juga:

0 Komentar:

Post a Comment

Dapatkan Artikel Kami Gratis

Ketik email Anda di sisi:

Kami akan mengirimkannya untuk Anda

Quality Content