Thursday, October 30, 2014

Makanan Sehat Ala Islam

RESEP MAKANAN SEHAT


Hidup Sehat, Hidup Islam

Pola hidup yang sehat, kini telah menjadi trend hudup modern di kalangan masyarakat. Mereka memilih hidup sehat, mulai dari mengatur pola makan yang sehat, berolahraga, dan beristirahat yang cukup. Hal tersebut mereka rasa dapat membuatnya menjadi sehat. 


makanan sehat ala Islam


Sebenarnya hal demikian bukanlah suatu yang baru di dalam dunia Islam, karena jauh sebelum itu Islam telah mengajarkan umatnya untuk senantiasa hidup sehat, menjaga kebersihan dan berolahraga. Hal tersebut diantaranya sebagaimana tertuang dalam hadis berikut:
-         اَلنَّظَافَةُ مِنَ الْإِيْمَانِ
-         اَلمْـُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَاَحَبُّ اِلَى اللهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ
Kedua hadis di atas jelas menunjukkan bahwa Islam jelas mengajarkan umatnya agar senantiasa hudup bersih sehat dan melakukan olah raga. Hadis yang pertama mengajarkan kepada kita agar selaluhidup sehat dan menjaga kebersihan. Ini berarti orang muslim dilarang membuang sampah sembarangan dan mengotori fasiltas umum lainnya. 

Sedangkan hadis kedua menganjurkan agar setiap muslim harus menjadi orang yang sehat, baik dengan cara berolahraga menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Dengan tubuh yang sehat seorang muslim dapat turut serta melakan ibadah fisik dengan sempurna seperti shalat dan haji, dengan tubuh yang sehat pula orang islam dapat turut serta menjaga agamanya dari rong-rongan pihak musuh.

Resep Masakan Sehat

Diantara pola hidup sehat, yaitu dengan cara mengatur pola makan. Mengatur pola makan yang sehat juga haris didasari dari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang benar-benar sehat, baik dari proses pembuatannya, proses memasaknya dan dari bahan yang dijadikan makanannnya. Seseorang tidak mungkin dapat menjaga pola makan sehat manakala ia tidak menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat yang kurang baik buat tubuh, seperti kolesterol, terlalu berlemak dan lain sebagainya.

Berkenaan dengan hal di atas, Islam memiliki tips mengenai mekanan yang sehat untuk dikonsumsi tubuh kita. Apakakah tipsnya, berikut akan saya paparkan sebuah hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bikhari: 

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ: إِنَّا كُنَّا نَفْرَحُ بِيَوْمِ الْجُمُعَةِ كَانَتْ لَنَا عَجُوزٌ تَأْخُذُ مِنْ أُصُولِ سِلْقٍ لَنَا كُنَّا نَغْرِسُهُ فِي أَرْبِعَائِنَا فَتَجْعَلُهُ فِي قِدْرٍ لَهَا فَتَجْعَلُ فِيهِ حَبَّاتٍ مِنْ شَعِيرٍ لَا أَعْلَمُ إِلَّا أَنَّهُ قَالَ لَيْسَ فِيهِ شَحْمٌ وَلَا وَدَكٌ فَإِذَا صَلَّيْنَا الْجُمُعَةَ زُرْنَاهَا فَقَرَّبَتْهُ إِلَيْنَا فَكُنَّا نَفْرَحُ بِيَوْمِ الْجُمُعَةِ مِنْ أَجْلِ ذَلِكَ وَمَا كُنَّا نَتَغَدَّى وَلَا نَقِيلُ إِلَّا بَعْدَ الْجُمُعَةِ
Arti:
“Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Ya'qub bin 'Abdurrahman dari Abi Hazim dari Sahal bin Sa'ad radliallahu 'anhu bahwa dia berkata: "Kami selalu bergembira bila datang hari Jum'at karena ada seorang wanita tua yang mencabut ubi milik kami yang kami tanam di selokan kebun lalu dia memasaknya dengan mencampurnya dengan biji gandum". Ya'qub berkata: "Aku tidak tahu kecuali dia mengatakan bahwa tidak ada lemak dan minyak."Apabila kami telah selesai shalat Jum'at maka kami datang ke rumah wanita itu lalu dia menyuguhkan masakannya itu kepada kami. Itulah mengapa kami bergembira dengan kehadiran hari Jum'at karena adanya makanan yang disuguhkannya itu. Dan kami tidaklah makan siang dan tidak pula tidur siang (qailulah) melainkan setelah selesai shalat Jum'at.”

Nampak jelas, sebelum ilmu medis moderen mengindentifikasi kandngan makanan yang sehat dan yang kurang baik bagi tubuh, Islam telah terlebih dahulu mengajarkannya. Diantaranya yaitu dengan makan makanan sederhana namun tetap mengandung gizi yang cukup dan diperlukan oleh tubuh, seperti singkong dan gandum sebegaimana yang dicontohkan dalam hadis. Adapun alternatif makanan yang sehat seperti yang dicontohkan dalam hadis yaitu tidak mengandung banyak lemak dan tidak pula terlalu berminyak.

Berdasarkan hadis di atas, Rasulullah mengajarkan umatnya agar senantiasa membiasakan diri hidup sehat, karena dengan membiasakan diri hidup sehat, seorang muslim dapat menjalankan kewajibannya kepada Allah dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian ia akan dapat meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Semoga bermanfaat. Amin...


Demikian semoga bermanfaat, mungkin Anda juga tertarik dengan artikel kami yang lain:



(Hadis dikutip dari Shahih Bukhari, Hadis No. 2178)

0 Komentar:

Post a Comment

Dapatkan Artikel Kami Gratis

Ketik email Anda di sisi:

Kami akan mengirimkannya untuk Anda

Quality Content